Sah, Khofifah-Emil Menangkan Pilgub Jatim 2018

BERITA9, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Jawa Timur menggelar rekapitulasi suara tingkat provinsi Pemilihan Gubernur Jatim 2018. Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dipastikan berhasil meraih kursi nomor satu di Jawa Timur.

Hasil rekapitulasi suara Pilgub tingkat provinsi yakni, paslon nomor 1 itu unggul di 27 kabupaten/kota dengan perolehan 10.465.218 suara atau sebesar 53,55%. Sedangkan, paslon Syaifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur memproleh 9.076.014 suara atau 46,45%.

Khofifah-Emil yang diusung Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Amanat Nasional, Partai Hanura, Partai Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan itu unggul di 27 wilayah Jatim, sedangkan paslon nomor urut 2, Gus Ipul-Puti, menang di 11 wilayah.

Khofifah-Emil unggul di Kabupaten Banyuwangi, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Ponorogo, Lamongan, Lumajang, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Kota Kediri, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, dan Kota Surabaya.

Baca Juga :

Sedangkan Gus Ipul-Puti yang didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera menang di Kabupaten Bangkalan, Blitar, Kediri, Madiun, Situbondo, Pasuruan, Malang, Kota Batu, Kota Blitar, Kota Madiun, dan Kota Pasuruan. Pasangan Gus Ipul-Puti kalah dari Khofifah-Emil dengan selisih 1.389.204 suara atau 7,11%.

“Dengan perolehan yang sudah ada, maka hasil rekapitulasi ini dinyatakan sah,” kata┬áKetua KPU Jatim, Eko Sasmito, mengesahkan hasil penghitungan suara di 38 kabupaten/kota tersebut di Convention Hall Grand City, Surabaya, Sabtu malam (7/7/2018).

Hasil rekapitulasi itu juga sudah mendapat persetujuan dari saksi masing-masing saksi pasangan calon. Renville Antonio selaku saksi dari Khofifah-Emil mengatakan, hasil ini sama persis dengan penghitungan yang dilakukan tim internal. “Tidak ada keberatan karena datanya sudah sesuai dengan data yang kami miliki,” kata Renville.

Sementara saksi dari Saifullah-Puti, Martin Hamonangan mengaku keberatan atas hasil rekapitulasi. Meski demikian, Musyaffak Rouf yang juga saksi Saifullah-Puti tidak keberatan. Ia pun menandatangani berita acara hasil rekapitulasi yang memenangkan Khofifah-Emil. “Ini sudah selesai. Ini kemenangan rakyat Jawa Timur,” tandas Musyaffak. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *